Searching...
Kamis, 25 September 2014

Ketagihan Zangrandi Ice Cream

Zangrandi Ice Cream. Mendengar namanya sudah bisa diinterpretasikan memiliki unsur Eropa. Bisa pemiliknya orang Eropa, bisa dibangun sejak jaman Eropa, bisa rasanya seperti ice cream Eropa. Sebagai ice cream lovers, aku penasaran ke sana. Apalagi kata banyak orang, "belum ke Surabaya namanya kalau belum mengunjungi Zangrandi ice cream". Iya, Zangrandi merupakan tempat nongkrong anak gaul Surabaya yang musti dikunjungi.

Baru sebentar tiba di homestay, aku langsung menuju Zangrandi yang terletak di Jl Yos Sudarso no 15, Surabaya. Nuansa Eropa memang kental saat pertama mengunjunginya. Bangunan dan dekorasinya bernuansa Eropa. Kursi-kursi rotan tersusun rapi pada ruangan luar depot. Seperti suasana jadul tempoe doeloe sebelum Indonesia merdeka banget deh.

Sekilas tentang Zangrandi ice cream

Zangrandi ice cream Surabaya didirikan oleh orang Italia, Renato Zangrandi tahun 1930. Awalnya, depot ice cream ini dibuat untuk memenuhi selera orang Eropa yang menyukai ice cream. Letak depot yang dulunya bernama Renato Zangrandi’s Ijspaleis ini sangat strategis. Dulu terletak diseberang Simpangsche Societeit, tempat kaum sosialita asing berpesta dan dugem. Sekarang bangunan tersebut bersebrangan dengan Balai Pemuda.

Berbicara masalah menu, Zangrandi memiliki menu andalan yaitu tutti frutti. Konon katanya menu ini merupakan menu tertua dan menjadi icon Zangrandi. Entah kenapa aku tidak begitu penasaran dengan menu tutti frutti. Aku malah memesan menu lainnya. Hihihi

Aku memesan menu noodle ice cream. Menurut pelayannya, menu tersebut juga merupakan favorit yang laris manis. Tak lama menunggu, pesanan pun datang. *ternyata pelayanannya sigap ya.

Sesuai namanya, struktur menu ini memang mirip noodle (mie) karena mengandung mie dingin. Noodle ice cream memiliki varian rasa seperti vanilla, coklat, mocca, strawberry, dan leci. Kebetulan aku menyicipi rasa vanilla. Dalam semangkok, menu ini disajikan dengan topping chocolate scope, kacang, whipe cream, cherry, dan astor.

Noodle ice cream

Saat menyicipinya, rasa ice cream memang sangat enak. Namun, aku merasakan sesuatu essence yang sangat kental rasanya. Kayaknya sih terdapat aroma menyerupai rhum. Hmm, semoga aromanya saja bukan rhum asli.

Depot Zangrandi ice cream Jl Yos Sudarso
Interior depot bagian luar
Sebelum pulang narsis dulu

Keesokan harinya, aku bersama 3 orang teman (Iktri, Reni, Sari) mengunjungi Zangrandi lagi. Tapi cabang Zangrandi yang terletak di seberang homestay dan dekat kampus FK Unair, yaitu Jl Dharmahusada. Sepertinya depot di sana merupakan cabang Zangrandi yang baru. Masih ada sedikit aroma cat temboknya. Desain interior Zangrandi di Jl Dharmahusada lebih modern dan hampir tidak ada unsur eropa tempoe doeloe.

Berhubung ingin menyicipi menu lainnya, maka aku memesan menu yang berbeda dari hari sebelumnya. Teman-temanku pun juga ngga mau menunya ada yang sama. Alhasil ada 4 menu berbeda yang kami pesan.

Tropicana Fruit

Tropicana fruit

Menu tropicana fruit merupakan menu pilihanku. Awalnya Reni juga ingin memilih menu ini tapi supaya ngga mau sama, Dia pilih menu lainnya. Aku memilih menu ini karena fotonya sangat memikat untuk dicoba. Tropicana fruit memiliki 4 varian rasa yang bisa dipilih. Aku memilih vanilla, coklat, coconut, dan leci sebagai topping. 3 rasa ice cream diselipkan di bawah pancake sedangkan 1 ice cream menjadi topping dengan cherry, almond, dan astor.

Saat menu dihidangkan, aku langsung terpesona dengan penyajiannya dalam gelas yang tinggi. Sexy dan elegant banget dah penyajiannya. Tak hanya strukturnya yang sexy, rasanyapun juga membuat sexy. Diantara 4 varian rasa yang dipilih, aku paling suka rasa leci. Enak banget dah rasanya. Tak hanya ice cream, pancake pun juga lembut dan lezat.

Crispy Basket

Crispy basket

Karena ngga mau memilih menu yang sama, Reni memilih crispy basket rasa strawberry. Hidangan menu ini sangat cute dan mini. Ice cream disajikan dengan buah dan agar-agar yang diletakkan di atas kerupuk es mirip creeps. Seger-seger gimana gitu deh rasanya. Yummy!

Banana split

Banana split

Menu banana split dipilih Iktri karena dia penasaran dengan banana split versi Zangrandi yang juga menu favorit dan laris manis. Banana split memiliki 4 scope ice cream yang dikeliling pisang, ditaburi kacang, dan dicelupkan cherry di atasnya. Aku ikut menyicip menu ini. Rasanya memang beda dari banana split lainnya. Rasa ice cream Zangrandi memang khas dan enak.
Pancake Ice Cream

Pancake ice cream

Sebenarnya aku lupa nama menu yang dipesan Sari. *maklum sudah pikun. Yang jelas hidangan Sari memiliki 2 scope ice cream di atas pancake tipis dan 1 scope ice cream vanilla di atas pancake tebal. Kedua pancake disajikan terpisah dalam 1 piring dan ditaburi susu coklat di atasnya. Penyajian hidangan ini berkelas dan modern. Rasanya hampir sama dengan menu ice cream Zanggardi lainnya.

Selain ice cream, Kami juga memesan smoke beef pizza. Maap, aku lupa memotretnya. Huhhh. Struktur pizzanya pas, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Rasanya ngga jauh beda dengan merk pizza yang sudah familiar. Lezato!

How to get there?

Saat mengunjungi Zangrandi di Jl Yos Sudarso, aku menaiki bemo lambang E warna hijau muda dari Jl Dharmahusada dan berhenti di perempatan gedung Balai Pemuda. Selain bemo lambang E, bemo lambang P juga melewatinya. Sedangkan Zangrandi di Jl Dharmahusada, aku tinggal nyebrang dari homestay. Hehe.

Zangrandi Ice Cream
Pusat: 
Jl. Yos Sudarso No 15, Surabaya, Jawa Timur 
Telp: (031) 5345820, (031) 5461490
Cabang: 
Galaxy Mall, GF, 038&039 , Jl. Dharmahusada Indah Timur 35-37, Surabaya , Jawa Timur 
Tunjungan Plaza 3 (lantai 5), Jl. Basuki Rahmat 8-12, Surabaya, Jawa Timur
Plaza Surabaya Foodcourt (lantai 4), Jl. Pemuda 33 - 37 Surabaya, Jawa Timur 
Pasar Atum Mall, L1, a-84 , Jl. Bungunan Besar 45 , 60161 Surabaya , Jawa Timur 
Bonnet Market, Jl. Manyar Kertoarjo, Surabaya, Jawa Timur 
Jl. Dharmahusada, Surabaya, Jawa Timur
Harga: Es krim (Rp 18.000-Rp 55.000), Es krim tart (up to Rp 300.000), Pizza (Rp 40.000-an)
Jam buka: 10.00-22.00 WIB

9 komentar:

  1. siang-siang lagi panas gini terus disuguhin gambar kek diatas, makin tambah panas coyy pengen nyobaaa

    BalasHapus
  2. Aduuuuh gak nahan liat foto2nya .. keren penampakannya, tentunya rasanya juga ya :)

    BalasHapus
  3. Penyajiannya menarik banget, bikin pengenn, nanti klo lagi mudik ke SBY mampir ahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. buanget mak
      wajib dicoba klo ke sby mak =p~

      Hapus
  4. Penyajiannya menarik banget, bikin pengenn, nanti klo lagi mudik ke SBY mampir ahh...

    BalasHapus

 
Back to top!