Searching...
Kamis, 20 November 2014

Marugame Udon & Tempura wa Oishī Tabemono Desu

Julukan "November Rain" itu tepat banget yah! Hampir tiap hari hujan membasahi Bandung. Aku tau sih hujan itu barokah tapi kalo hujannya betah banget dan ngga berhenti-henti kan namanya bencana. Duh, malah ngeluh akunya. Padahal hujan ada hikmahnya juga kan, ya? Ojek payung nambah pemasukan, penjual payung dan jas hujan makin laris, warung-warung penjual makanan/minuman hangat makin ramai dikunjungi customer. Berhenti mengeluh dan banyak bersyukur saja deh.

Berbicara masalah perut, aku paling suka makan mie kuah apapun jenisnya saat hujan. Mulai dari indomie rebus, mie ayam baso, kwetiau sampai ramen enyak bangetlah. Hmm, Tuhan itu memang sayang banget kepada umat-Nya. Tau aja aku suka makan mie langsung dikasih rejeki berupa undangan opening restoran udon asli Jepang bernama Marugame Udon & Tempura. Opening Marugame Udon & Tempura dilaksanakan pada tanggal 17 November 2014 di Trans Square Mall (TSM), Bandung.

Ada 6 hal yang sangat aku syukuri atas undangan opening Marugame Udon & Tempura. Pertama, aku bersyukur bisa menyicipi udon gratis yang telah lama banget ngga diicip. Kayaknya terakhir kali menyicip udon saat masih SMA deh. Kedua, aku bersyukur bisa menyicip udon asli Jepang dan bukan udon abal-abal. Ketiga, aku bersyukur bisa bertemu dengan Hajimeh Kondoh, GM Marugame Udon & Tempura yang asli Jepang. Bapak Hajimeh Kondoh adalah orang kedua asli Jepang yang pernah aku temui setelah Yutsuke saat aku masih SMA dulu. Keempat, aku bersyukur bisa bertemu blogger-blogger Bdg yang sudah lama eksis di dunia maya. Kelima, aku bersyukur bisa mengunjungi TSM lagi. Iya, TSM itu adalah mall yang paling jarang aku kunjungi. Alasannya satu saja sih; jauhhhh banget dari kosan. Keenam, aku bersyukur acara opening Marugame dilaksanakan siang hari sebelum malamnya pemerintah menaikkan harga BBM. Yeah, aku masih menikmati tarif angkot lama sebelum harganya dinaikan. Hehehe.

Setengah jam sebelum acara berlangsung, aku sudah sampai di TSM. Karena sudah lama tidak mengunjunginya, aku bingung lokasi food court apalagi lokasi Marugame yang masih baru. Setelah bertanya kepada OB, aku menuju gerai Marugame yang letaknya persis dekat escalator di tengah gedung. Wuah tempatnya strategis banget yah untuk ngeceng. Oops. 

suasana resto dari luar

Saat masuk Marugame, deretan meja dan kursi kayu menghiasi gerainya. Beberapa ornamen Jepang yang terpampang menunjukkan Marugame memang asli dari Jepang. Satu hal yang membuatku kaget adalah jumlah waiter yang terlalu banyak memenuhi kitchen. Dengan banyaknya jumlah waiter terlihat jelas bahwa Marugame sangat ingin memberikan pelayan terbaik kepada customer

dekorasi Marugame Udon & Tepura

Keunggulan Marugame terlihat dari konsep resto; open kitchen, freshly cooked dan self service. Konsep open kitchen terlihat dari proses memasak yang dimulai dari nol. Customer dapat melihat proses memasak udon dari tepung, penggorengan tempura sampai penyajian makanan. Freshly cooked ditunjukkan dengan penyajian masakan yang di-display tidak lebih dari 20 menit. Artinya semua makanan bukan makanan frozen. Makanan langsung dimasak dan dihabiskan dalam sehari. Ngga akan ada tuh makanan yang didaur ulang untuk keesokan harinya. Self service terlihat dari proses pemesanan makanan yangmana customer mengantri di udon station, memilih udon & tempura serta langsung membayar di cashier

suasana kitchen

Sekilas tentang Marugame Udon & Tempura

Marugame Udon & Tempura merupakan franchise makanan Jepang yang berada di bawah PT Sriboga Marugame Indonesia dan merupakan anak dari perusahaan PT Sriboga Group. Resto ini merupakan franchise makanan Jepang Marugame Seimen yang didirikan pada 19 Juni 1990 di Kobe, Jepang. Marugame Udon & Tempura pertama kali hadir di Indonesia pada 14 Februari 2013, di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Saat ini, sudah ada 11 gerai Marugame Udon & Tempura yang tersebar di kota besar Indonesia seperti: Jakarta (Mall Taman Anggrek, Gandaria City, Kota Kasablanka, Bintaro Xchange, Ciputra Cibubur, Sumarecon Mall Serpong, Baywalk Pluit, Artha Gading dan Grand Indonesia), Surabaya (Tunjungan Plaza 3), Bali (Mall Galeria Bali). Pada tanggal 17 November 2014, Marugame Udon & Tempura membuka gerai pertama di Bandung tepatnya di Trans Square Mall (TSM).

Untuk kehalalan makanannya, Marugame menggunakan bahan-bahan lokal (tepung sriboga untuk udon) dan bahan impor (kake dashi soup, saus tempura dan teh ocha) yang 100% halal. Saat ini, Marugame Udon dan Tempura dalam proses sertifikasi MUI. Marugame berharap bulan Januari 2015 sudah memiliki sertifikat halal dari MUI.

Saat press conference, pihak Marugame Udon & Tempura mengatakan menu andalan udon adalah no 5 dan 6. Nah loh menu no 5 dan 6 itu apa pulak? Ternyata menu no 5 adalah Tori Baitang Udon dan no 6 Niku Udon. Sedangkan menu andalan tempura adalah Ebi Tempura dan Skewered Tofu Tempura. Selain udon, Marugame juga menyediakan menu nasi seperti Tendon Seafood (nasi jepang dengan toping tempura sayur, ikan kisu dan ebi), Tendon Tori Rice (nasi jepang dengan toping tempura sayur, telur dan ayam), Sukiyaki Beef Bowl (nasi jepang dengan sukiyaki), Beef Curry Rice (nasi jepang dengan sukiyaki yang berkuah kental). Beberapa menu Marugame sudah aku coba dan mayoritas enak banget. Tapi hanya beberapa saja sih mengingat perut kecilku yang kekenyangan dengan udonnya. Beneran loh semangkok udon yang tebel dan gedee saja sudah membuat perutku super kenyang. Oh iya, selain udon hangat, Marugame juga menyajikan menu udon dingin yang cocok dimakan saat cuaca panas seperti: Zaru Udon dan On Tama Udon. Khusus On Tama Udon bisa dipilih penyajian secara hangat atau dingin. Wuah, saat cuaca panas ke Marugame Udon & Tempura lagi deh untuk menyicipi menu udon dinginnya. ^.^ 

menu Marugame Udon & Tempura




 Niku Udon 

niku udon
Niku udon disajikan dengan lembaran daging sukiyaki dan kake dashi. Meskipun udonnya tebal tapi lembut, kenyal dan mudah dikulum. Daging sukiyaki juga memiliki kematangan yang pas sehingga mudah digigit. Kuah kake dashi soup yang berwarna coklat diracik dengan bumbu yang tepat sehingga menimbulkan aroma yang menggugah selera. Rasanya yang sedikit asin dan kuahnya yang masih hangat sangat cocok dicicipi saat hujan.

Tori Baitang Udon

tori baitang udon
baso ayam

Mungkin banyak yang kurang selera saat melihat tori baitang udon yang warnanya terlalu pucat. Padahal hidangan ini enak loh. Soup kaldu putih cocok dimakan untuk orang netral. Maksudnya orang yang ngga suka pedas, ngga suka terlalu manis atau asin gitu loh. Baso ayamnya juga memiliki kematangan yang mendekati lembek tapi rasa ayamnya nendang.

Beef Curry Udon

beef curry udon (credit)

Sekilas penyajian beef curry udon mirip dengan mie ayam. Hmm, sejujurnya boleh dibilang hidangan ini yang paling cocok dengan lidah dan perut lokalku. Kuah kental kari dan bumbunya membuatku kesemsen saat menyicipinya. Lembaran daging sukiyaki juga memiliki kematangan yang pas dan mudah digigit. Recommended bangetlah!

Skewered Tofu Roll

skewered tofu roll

Skewered tofu roll berbahan dasar udang kulit tahu yang disusun berjejer 4 buah seperti sate. Tempura ini cukup lembut dan rasanya manis legit merupakan perpaduan yang tepat dengan udon. Wajar saja tempura ini menjadi menu andalan Marugame.

Kakiage  

kakiage
Bisa dibilang kakiage ini bala-bala versi Jepang. Bentuk dan komposisi tempuranya memang sebelas dua belas dengan bala-bala. Paling ukurannya sebesar jeruk bali saja yang berbeda dengan bala-bala. So, bagi customer perut lokal cocok bangetlah menyicipi kakiage.

Ebi tempura 

ebi tempura

Ebi tempura juga merupakan tempura andalan Marugame. Rasanya yang crispy sangat gurih dicicip. Udangnya pun lembut dan lezat.

Chicken Chilli Tempura 

chicken chilli tempura
Tempura ini super pedas loh. Pedasnya betul-betul dari cabe hijau bahkan aroma bijih cabe sudah tercium di hidung. Bagaimana ngga pedas? Chicken yang disuir itu dimasukan ke dalam cabe hijau besar kemudian dilumuri tepung dan digoreng. Huha lidah kepedesan.

Broccoli Tempura

Broccoli tempura mirip dengan kakiage. Perbedaannya adalah bahan utama dari broccoli. Rasa broccolinya gurih dan enak banget.

Teh Ocha 

Teh Ocha
Teh ocha merupakan minuman asli Jepang. Penyajiannya tanpa gula bisa dipilih; disedu dengan air panas atau dingin. Sekilas warna teh ocha mirip dengan green tea. Tapi rasanya berbeda. Meskipun rasanya tawar tapi seger banget.

bocoran harga Marugame Udon & Tempura

Mumpung ada GM Marugame nih
Bersama GM Marugame, tim marketing Marugame Udon & Tempura dan blogger BDG

Marugame Udon & Tempura
Lt 2, Trans Square Mall (TSM), Jl. Gatot Subroto No 289, Bandung, Indonesia 
Buka: 10:00 – 21:00 WIB

16 komentar:

  1. wew luar biasa nih....
    makan udon aja udh kenyang.... yah apalagi tambah tempura....

    tapi yah jujur sih tempuranya terasa seperti gorengan (emang gorengan sih yah)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenyang buanget deh
      sampai malam masih terasa kenyangnya

      Hapus
  2. wow super lengkap. Udonnya emang enak sekaliiii! Saya nyoba yang ada basonya tuh, emang rasanya aduh enak gila!

    BalasHapus
  3. Marugame Udon adalah tempat makan agak fast food favorit aku! (f) hampir dua minggu sekali aku makan biasanya yg di kota kasablanka sama yg di gandaria city. udon nya enyak dan tempuranya mantap. aku suka ambil remahan gorengan yg ada sambil dicampur sama cacahan cabenya. enyak bangeeet. salam kenal dari Jakarta mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga suka marugame udon dan tempura
      salam kenal juga

      Hapus
  4. chilli udon itu tidak pedas sama sekali, biji cabe hijaunya dihilangkan dan diganti dengan daging ayam yang lembut, enak lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh lidah padangku diragukan ini
      menurutku pedas loh teh

      Hapus
  5. kelihatan banget pencinta kuliner jepang nih hehehe... tulisannya pake hati ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepatnya aneka mie mas hengky
      yups, kalau nulis emang dari hatilah :))

      Hapus
  6. lengkap ih... foto2nya bagus pula...
    klo saya enek mkn skewered tofu roll :(
    penasaran sama si chicken chilli euy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk ke marugame udon lagi teh nyobain chicken chilli. mumpung masih ada voucher #eh

      Hapus
  7. keren potonya, bikin ngiler, dulu pernah makan makanan jepang bareng blogger medan, keponya kumat eh kemakan deh tuh wasabi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah seru yah bisa kumpul blogger
      btw marugame udon mau buka cabang juga loh di medan
      bisa jadi tempat kopdar tuh (c)

      Hapus

 
Back to top!