Searching...
Senin, 15 Juni 2015

Tetap Sehat dengan Mi Tropicana Slim

Dulu…

Saat mahasiswa dan menjadi anak kost, aku sangat suka makan mi instan. Rasanya yang lezat, masaknya praktis dan harganya murah menjadi andalan pengganjal perutku. Apalagi saat dingin dan hujan, mi instan berkuah membuatku bergairah. Hmm, Yummy! 

Kini…

Banyaknya berita dan share di media sosial tentang dampak makan mi instan membuatku ngeri menyicipinya. Mi instan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol dan penyakit kronis lainnya. Oh no! Aku tidak mau sakit yang "aneh-aneh" apalagi meninggal hanya karena mi instan.

Banyaknya kasus penyakit akibat makan mi instan membuatku ngeri menyicipinya. Aku pun berniat untuk menjatah makan mi 1X/bulan. Bahkan dalam 2 bulan ini aku sudah tidak mengkonsumsi mi instan. Sayangnya godaanku untuk berpuasa mi instan pudar saat melihat iklan Mi Kering Tropicana Slim di TV. Kaget juga sih Tropicana Slim yang diproduksi oleh PT Nutrifood Indonesia dan biasanya mengeluarkan produk-produk sehat seperti gula Tropicana Slim. Eh tiba-tiba membuat produk anti mainstream berupa mi instan. Memang sih iklannya mengatakan Mi Kering Tropicana Slim adalah mi sehat. Tapi tetap konten iklannya membuatku penasaran, "Apa betul Mi Kering Tropicana Slim itu sehat atau hanya menggunakan embel-embel perusahaan Tropicana Slim yang branded-nya memproduksi makanan sehat?"

Dan KEPO pun memuncak…

Karena penasaran, aku pun pergi ke salah satu supermarket terkenal di Bukittinggi. Sayangnya clingak-clinguk mencari dan bertanya-tanya kepada petugas membuatku manyun saat itu. Mi Kering Tropicana Slim belum dijual di Bukittinggi donk. T.T

Tapi aku masih penasaran. Aku pergi ke Foodmart, Basko Mall Padang. Saat menyambangi rak mi instan, aku langsung melihat deretan mi berwarna merah yang tertata rapi. *Yuhuuu ternyata jodoh ngga akan kemana. Hal pertama yang biasa aku lihat saat membeli makanan baru adalah label HALAL. Bersyukur aku melihat label HALAL pada kemasan belakang Mi Kering Tropicana Slim. Tanpa pikir panjang lagi, aku langsung mengambil 5 bungkus. Aku tercengang saat membayar, "kok membengkak harga belanjanya ya?" Saat dicek, ternyata harga Mi Kering Tropicana Slim jauh lebih mahal daripada mi instan biasa. Meskipun demikian, aku tidak kecewa. Karena aku percaya pameo "harga ngga bisa bohong". Iya, biarpun harganya mahal, tapi produknya memang sangat berkualitas. Apalagi Mi Kering Tropicana Slim adalah mi sehat. Sehat itu akan terasa mahal saat sakit. So, lebih baik makan mi sehat daripada bayar pengobatan yang jauhhh lebih mahal.


Good looking

Kemasan Mi Kering Tropicana Slim memang mewah. Plastiknya bukan plastik ecek-ecek. Tebal dan dilapisi aluminium foil di belakangnya. Ditambah lagi adanya kotak plastik mika yang melapisi mi, kemasannya tetap kokoh, ngga akan penyet dan ngga akan hancur saat terjatuh. Sejujurnya sih aku ngga terlalu sreg dengan adanya plastik mika. Maklum sebagai aktivitis lingkungan, plastik mika akan menambah jumlah sampah. Eh tapi lebih mending plastik mika daripada styrofoam. Selain sampah styrofoam sulit dihancurkan, makan dengan wadah styrofoam juga dapat menimbulkan penyakit kanker. *Penyakit kanker beneran loh, bukan konotasi kanker saat akhir bulan (KANtong KERing). Styrofoam itu mengandung zat kimia berbahaya apalagi dicampur air panas. Duh, makin mudah deh zat kimianya menyebar dengan air panas. Makanya kalau mau sehat, hindari makan mi yang berwadah styrofoam.


(Balik lagi tentang kemasan)


Kemasan depan Mi Kering Tropicana Slim sangat menarik. Bagian kirinya terdapat gambar batik Cirebon berwarna merah. Bagian kanannya kotak merah putih. Wuah, secara tersirat Tropicana Slim ingin mempromosikan budaya Indonesia ke luar negeri. *Salut dengan jiwa nasionalismenya. Meskipun Mi Kering Tropicana Slim belum tersebar di seluruh Indonesia, tapi aku yakin distribusinya akan lebih luas lagi bahkan mungkin sampai manca negara. Sehingga nasionalisme yang tertera pada kemasan depan Mi Kering Tropicana Slim akan dikenal luas sampai manca negara.

Tak hanya itu, aku juga tertarik dengan kemasan depan bagian tengah. Fotonya menggambarkan saran penyajian mi yang sehat dan ramah lingkungan. Sehat karena komposisi penyajiannya terdiri dari sayuran dan ayam. Tidak ada bakso, sosis, kornet dan makanan berformalin yang dapat menimbulkan gangguan peredaran dan syaraf.

Mana nih yang katanya mi sehat? Buktikan!

Setelah memandangi kemasan yang good looking, aku mulai mencari maksud mi sehat dari Mi Kering Tropicana Slim. Sebenarnya pada kemasannya sudah tertera informasi nilai gizi dan 4 point yang menunjukan mi sehat. Tapi aku sih ngga langsung percaya dengan label sehatnya. Aku pun membuktikan sehat yang dimaksud Mi Kering Tropicana Slim. Dan inilah mi sehat versi Mi Kering Tropicana Slim:

1. Lebih rendah lemak
Berdasarkan informasi nilai gizi Mi Kering Tropicana Slim memiliki total lemak hanya 5 gram. Lemak jenuh hanya 0.9 gram dan 0 gram lemak trans dan kolesterol. Total lemak yang hanya 5 gram tersebut jauh lebih rendah dari mi instan korea (14.7 gram) dan mi instan biasa (17 gram). Dengan jumlah lemak yang sedikit akan memudahkan organ dalam tubuh untuk menyerap makanan. Sehingga lemak tidak akan menumpuk pada tubuh. Kolesterol, kegemukan dan obesitas? Wasalam deh.

Kenapa Mi Kering Tropicana Slim rendah lemak?

Karena Mi Kering Tropicana Slim melakukan proses pembuatan mi dengan dipanggang di oven, bukan digoreng seperti mi instan lainnya. *Mi dipanggang? Baru tau loh. Akibatnya kadar lemak tinggi dari minyak goreng berkurang pada Mi Tropicana Slim.

Untuk membuktikannya, aku merebus mi instan biasa dan Mi Kering Tropicana Slim. Hasil percobaanku menunjukan Mi Kering Tropicana Slim lebih jernih daripada mi instan biasa. Mi instan biasa banyak keruh dan tampak berkilau saat terang. Persis dengan minyak yang ngga menyatu dengan air. Kesimpulannya warna keruh dari hasil rebusan mi instan biasa itu akibat minyak penggorengan. Bukan disebabkan zat lilin. Jadi sebenarnya mi instan berbahaya akibat zat lilin itu hanyalah mitos belaka. Karena mi instan ngga mengandung zat lilin.


2. Lebih rendah natrium
Kadar natrium (garam) total Mi Kering Tropicana Slim sebanyak 480 mg. Nilai itu jauh lebih rendah daripada mi instan korea (1840 mg) dan mi instan biasa (940 mg). Padahal menurut PERMENKES No. 30 tahun 2013, mengkonsumsi natrium (garam) > 2000 mg akan beresiko meningkatkan hipertensi. Dengan rendahnya natrium Mi Tropicana Slim akan aman dari hipertensi.

Kadar natrium Mi Kering Tropicana Slim dapat diperhatikan dari bumbu. Saat aku melihat bumbunya memang sedikit bercak bening padat berkilau yang menyerupai garam. Bumbunya terlihat rata dan garamnya seuprit sekali.


3. Sumber 6 vitamin & 1 mineral
Mi Kering Tropicana Slim mengandung Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D dan zat besi. Banyaknya vitamin dan mineral tidak akan menyebabkan Cardionmetabolic Syndrome yang memicu penyakit jantung.

4. Sumber serat
Ada 3 gram serat pangan dan 45 gram total karbohidrat pada Mi Kering Tropicana Slim. Adanya serat dapat menyerap nutrisi sehingga tidak akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, penyakit lambung dan dinding usus menipis.

5. Tidak mengandung zat perwarna buatan (tetrazine) dalam proses produksi Mi Kering Tropicana Slim. Karena tidak ada zat pewarna, seharusnya Mi Kering Tropicana Slim aman dari penyakit kanker dan ginjal.


sumber: http://www.tropicanaslim.com/product/less-fat-noodle-ayam-bakar/
sumber: http://www.tropicanaslim.com/tropicana-slim-noodles-saat-makan-mie-instant-gak-jadi-masalah-lagi/

Dengan informasi nilai gizi dan buktinya, aku percaya bahwa Mi Kering Tropicana Slim adalah mi sehat. Aku pun memasak mi sendiri. Oh iya, aku punya kebiasan masak mi sendiri. Sebenarnya kebiasan ini sudah aku lakukan saat masak mi instan biasa yang katanya tidak sehat. Meskipun Mi Kering Tropicana Slim sehat tapi aku tetap memasak mi sesuai dengan prosedur kesehatan. *cieileh

Begini nih cara memasak mi yang benar… 


Pertama, didihkan air sampai setengah matang terlebih dahulu. Tujuannya supaya mi ngga terlalu lempem dan lembek.

Kedua, masukan Mi Kering Tropicana Slim dan aduk sesekali supaya masaknya merata. Disarankan untuk memasaknya sampai matang, bukan setengah matang. Menurut kesehatan, kinerja organ pencernaan akan lebih berat saat mengkonsumsi dalam kondisi tidak matang. Perut akan sering mules-mules, sering buang air besar yang kemudian mengakibatkan diare.

Ketiga, tiriskan dan buangkan air. Setelah itu, ada perlakuan berbeda antara mi kuah dan mi goreng:
  • Jika memasak mi instan berkuah, setelah air dibuang dan ditiriskan, gantilah dengan air panas yang baru. Air panas baru akan lebih sehat dibandingkan air sisa rebusan mi. 
  • Berhubung aku memasaknya Mi Kering Tropicana Slim yang merupakan mi goreng. Maka setelah air ditiriskan, aku membilasnya lagi dengan air hangat. Tujuannya sih supaya mi lebih higienis.

Keempat, tuangkan bumbu dan minyak ke dalam mangkok. Jangan mencampurkan bumbu saat mi instan dimasak! Karena bumbu mi instan mengandung bahan berbahaya yang akan bereaktif pada suhu tinggi. Sebenarnya peringatan ini sudah dicantumkan pada kemasan mi instan termasuk Mi Kering Tropicana Slim. Tapi tetap saja ada yang tidak peka petunjuknya.

Kelima, tuangkan Mi Kering Tropicana Slim ke dalam mangkok yang telah diberi bumbu dan minyak. Hidangkan Mi Kering Tropicana Slim dengan kombinasi makanan sehat seperti sayuran dan protein. Namanya juga mi sehat, ya harus sehat donk! Ada dua kombinasi mi instan yang tidak boleh dilakukan: 
  • Jangan kombinasikan dengan nasi karena jumlah kalori mi dan nasi sudah sangat banyak. Jika digabungkan, tentu kalorinya menjadi 2X lipat. Akibatnya akan menyebabkan kegemukan, kolesterol dan diabetes. 
  • Jangan kombinasikan dengan makanan berformalin seperti bakso, sosis, kornet, nugget dan lainnya. Karena makanan berformalin mengandung zat adiktif berbahaya bagi tubuh. Akibatnya label mi sehat menjadi luntur karena salah kombinasi.

Mi Kering Tropicana Slim siap disantap 


Selesai masak Mi Kering Tropicana Slim, aku menghidangkannya di meja makan. Aku menawarkannya kepada nenek. FYI, nenekku mengidap penyakit kolesterol, diabetes, asam urat dan hipertensi. Bahkan, 3 minggu lalu saat nenek berobat, tensi darahnya mencapai 160. Nenek juga disarankan dokter untuk mengurangi makan garam, lemak, gula dan makanan berkolesterol. Karena Mi Kering Tropicana Slim adalah mi sehat, aku yakin diriku tidak akan menjadi "nenek sihir" karena meracuni nenek sendiri dengan memberikan mi instan.

Aku bilang ke nenek, "Nek, mi instan ini rendah garam dan rendah lemak loh. Mi ini adalah produk Tropicana Slim. Aku sudah buktiin air rebus mi instan biasa vs Mi Kering Tropicana Slim. Itu masih ada di atas meja airnya". Nenekku melihat air rebusnya dan percaya apa yang aku bilang. Nenek pun mencoba Mi Kering Tropicana Slim. Menurut nenek, "mi ini memang kurang garam, tapi lezat kok". Aku juga menyicipi Mi Kering Tropicana Slim dan aku sependapat dengan nenek. Memang Mi Kering Tropicana Slim hampir tidak terasa garamnya tapi mi tipis-nya yang keriting sangat lembut dan enak dikulum. Ngga masalah dengan rasanya yang sedikit garam. Karena bisa ditambahkan bumbu dapur alami sebagai penyedapnya. Yang penting mi-nya sehat dan ngga berbahaya. Bukannya lebih baik mencegah daripada mengobati? Dengan adanya Mi Tropicana Slim membuatku ngga khawatir lagi dengan dampak mi instan. Karena aku tetap sehat dan bisa menjalankan pola hidup sehat yang kekinian, tanpa pantangan dan tanpa penyiksaan. Mau makan mi sehat dan kekinian? Cobain aja Mi Tropicana Slim.

nenek terlihat menikmati Mi Tropicana Slim

3 komentar:

  1. mi topicana mi sehat ya mba

    BalasHapus
  2. Saya TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    ATAU >>KLIK DISINI<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

    BalasHapus

 
Back to top!