Searching...
Minggu, 16 Agustus 2015

Makan Siang di Rumah Makan Pondok Gurih, Pekanbaru

Beberapa waktu yang lalu, aku, mami dan 2 orang mahasiswa mami ke Pekanbaru. Sebenarnya kami ke Pekanbaru seperti sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sambil mengunjungi mahasiswa mami yang PL, sambil jalan-jalan. Hehe.

Tiba di Pekanbaru, kami langsung keliling melihat kota Pekanbaru. Eyaampun jauh banget donk perkembangan kotanya sejak aku pindah dari Pekanbaru ke Bukittinggi. *Ya ialah aku kan pindahnya sejak umur balita gituh (sudah 20 tahun yang lalu keleus). Pekanbaru yang dulunya masih sepi, ruko masih sedikit, mall belum ada, jalanan belum lebar, sekarang sudah keren. Penduduknya ramai, kendaraan padat, mall banyak, jalan layangnya bagus. Meskipun demikian, tetap saja mami mengincar Pasar Bawah, pusat perbelanjaan yang sudah ada dari aku masih tinggal di Pekanbaru. Menurut mami, Pasar Bawah itu banyak menjual keramik-keramik yang cantik-cantik. Sebagai penggemar keramik, pastilah mami mengincar keramik-keramik di Pasar Bawah.

Puas belanja di Pasar Bawah, kami mencari-cari rumah makan untuk makan siang. Kalau jalan-jalan sama mami ujung-ujungnya rumah makan padang lagi rumah makan padang lagi. Bosan ah. Masa iya jauh-jauh ke Pekanbaru tapi ujung-ujungnya rumah makan padang lagi. Pengen bangetlah aku nyobain rumah makan melayu khas pekanbaru.

Berbekal jaringan internet yang lumayan, aku pun langsung googling rumah makan terkenal di Pekanbaru. Kemudian langsung bermunculan pilihan rumah makan melayu. Sebenarnya banyak rumah makan melayu yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati makan siang. Namun, hanya ada satu rumah makan melayu dalam list yang berhasil kami temukan lokasinya. Sementara rumah makan melayu lainnya tidak ditemukan. Padahal sudah keliling mencari lokasinya sesuai alamat yang tertera pada mbah google. Hmm, mungkin emang rejekinya Rumah Makan Pondok Gurih lah yah. Pintar banget mencari tempat. Lokasinya strategis banget. Tepi jalan besar dan searah dengan Mall pekanbaru dan Pasar Bawah.



Tiba di Rumah Makan Pondok Gurih, kami langsung disambut oleh seorang pemuda berpakaian adat melayu. Setiap pengunjung yang masuk selalu dibunyikan gong oleh pemuda tersebut. Ibaratnya itu sambutan menghormati tamu. Unik dan beradat!

Bersama penabuh gong
Begitu masuk rumah makan, aku langsung mencari meja paling pojok dekat taman. Tujuannya untuk narsis dan menghasilkan dokumentasi yang fotogenic. Hehe. 


Lalu kami memilih menu makan siang. Aku sih pilih menunya yang khas Rumah Makan Pondok Gurih. Menurut waitress, menu khasnya adalah gulai kepala ikan kakap. Oke deh pilih gulai kepala ikan kakap. Sebagai tambahannya, kami memilih ayam goreng, ikan selais goreng, capcay, buncis goreng terasi.  

Pilih-pilih menu dulu ya
Menunya sudah tiba. Mami langsung narsis :D
Ini loh menunya
 
Gulai kepala ikan kakap

Bisa dibilang menu masakan melayu ini sebelas dua belas dengan masakan padang. Karena aku sudah terbiasa dengan lidah padang, pastinya menu ini sangat lezat bagiku. Rasa kuah kuningnya pedas-manis. Ikannya empuk, ngga terlalu lembek. Aroma bumbunya wangi. Hmm, yummy.

Ikan selais goreng

Ikan selais adalah ikan khas Riau. Ikan selais berasal dari sungai yang ada di Riau. Ikan ini memiliki tulang tapi tulangnya kecil dan kelihatan di mata sehingga ngga perlu khawatir memisahkan tulangnya sebelum dimakan. Ikan selais ini makin mantap saat digoreng plus dicocol dengan kuah kecap asin-pedas. Rasanya gurih seperti nama rumah makannya, Pondok Gurih.

Buncis Goreng Terasi

Buncis ini rasanya juga mantep. Buncisnya fresh dipadukan dengan sambel terasi. Beuh, pedes-pedes nagih deh.

Capcay

Sebenarnya capcay di sini rasanya seperti capcay lainnya. Sayurannya bervariasi dan seger. Kuahnya agak pedes tapi ngga pedes banget sih. Good so so lah.

Kue khas pondok gurih 



Setiap meja pasti dihidangkan kue khas pondok gurih. Sebenarnya kuenya mirip leupet. Tapi ngga semuanya dibungkus daun. Dalam kuenya ditemukan bijih jagung. Rasa kuenya kenyel-kenyel manis gituh deh.

Overall, Rumah Makan Pondok Gurih recommended. Rasa makanannya selaras dengan nama rumah makannya, gurih. Pelayannya ramah. Pelayanannya sigap dan ngga pake lama. Rumah makannya besar dan bersih. Parkirannya luas. Fasilitas toilet dan musholla memuaskan. T.O.P.B.G.T

Rumah Makan Melayu Pondok Gurih

Jalan Jend. Sudirman No. 202, Pekanbaru, Riau, 28126
Telp: (0761) 27069
Buka: 10.30-22.00 WIB
Harga: < Rp 30.000 

13 komentar:

  1. Wah, tempatnya keliatan kredibel banget yak buat makan :D
    *duhapasihkredibelsegala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup kredibel mba
      *ikutannyomotkatakredibel

      Hapus
  2. wah tempatnya juga bagus ya bangunannya , kulinernya banyak ikannya ya

    BalasHapus
  3. Tertarik sama yang penabuh gong...bukan apa2, cuma mikir kalau lagi rame alis banyak pengunjung, apa gak pegel ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe. mungkin penabuh gongnya sudah latihan fisik supaya kuat menabuh gong saat ramai

      Hapus
  4. prnh nonton di trans7 ttg kuliner fav di riau...tp rada lupa mba..pokoknya ikan juga sih... dan kliatan enak bgt ;) Jd laper baca ini -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow sudah ada yang tayang di trans7?

      Hapus
  5. Spotnya bagus-bagus dan makanannya kelihatan menggiurkan, tapi jauh.... Ajak aku donkkkk

    BalasHapus
  6. sangat banyak pilihan kuliner yang bisa di nikmati di Indonesia Raya ini... foto makanannya membuat selera makan bertambah...

    BalasHapus
  7. duhhhh itu habis semua kah mbak makanan yang dipesan? lezatos nih mbak

    BalasHapus
  8. huaaa smuanya bikin ngiler...
    skarang udah ga di bandung ato lg mudik?

    BalasHapus
  9. Saya TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    ATAU >>KLIK DISINI<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

    BalasHapus

 
Back to top!